Ade Ayuningtiyas

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

Fungsi Spindle pada Hard Disk

diposting oleh ade-ayuningtiyas-fkh15 pada 13 November 2017
di Info - 0 komentar

Harddisk merupakan komponen yang tidak bisa dipisahkan dari komputer anda, karena hardisklah sebagai sarana penyimpanan file di dalam komputer atau laptop. Peran hardisk sangat penting karena merupakan media penyimpanan program aplikasi dan sistem operasi yang bersifat permanen. Namun, apakah anda mengetahui fungsi spindle pada harddisk selama ini? Selain membahas mengenai fungsi spindle pada harddisk, ulasan berikut juga akan membahas mengenai komponen hardisk beserta fungsinya. Bagian hardisk yang akan dibahas diantaranya : platter, head, logic board, actual axis, ribbon cable, IDE connector, setting jumper dan power connector.

  • Komponen dalam Harddisk

  Berikut adalah penjelasan komponen dalam harddisk :

  • Platter : berfungsi sebagai tempat penyimpanan data, dilengkapi dengan sector dan track.
  • Head : berfungsi sebagai piranti penulis dan pembaca, melengkapi setiap platter dengan menempel pada atas dan bawahnya.
  • Logic board : berfungsi sebagai pengenal saat dihubungkan ke motherboard. Hal ini karena logic board dilengkapi dengan bios harddisk.
  • Actual axis : berfungsi menyangga head agar selalu berada di bawah dan atas platter.
  • Ribbon cable : berfungsi menghubungkan logic board dan head untuk menghantarkan informasi.
  • IDE connector : berfungsi sebagai penghubung antara motherboard dan Harddisk.
  • Setting jumper : berfungsi untuk menentukan posisi harddisk pada BIOS motherboard. Pada motherboard komputer dan laptop sekarang, kita mengenal 2 jenis BIOS yaitu Bios UEFI dan Legacy Bios
  • Power connector : berfungsi sebagai tempat menyalurkan daya bagi hard disk.
  1. Fungsi Spindle pada Hard Disk

Spindle merupakan komponen pada harddisk yang berupa poros, digunakan untuk meletakan platter serta memutarnya. Fungsi spindle pada harddisk menentukan kualitas harddisk karena semakin tinggi kecepatan putaran spindle berarti kecepatan akses akan semakin tinggi pada harddisk. Karena Spindle berputar dengan cepat maka harus menggunakan high quality bearing. Saat ini harddisk menggunakan menggunakan fluid bearing dibandingkan ball bearing karena tingkat kebisingan dan gaya friksi dapat dikurangi. Demikianlah ulasan mengenai fungsi spindle pada harddisk serta fungsi bagian harddisk lainnya. Sebagai komponen yang menentukan kecepatan akses data, semakin tinggi putaran atau semakin tinggi RPM putaran harddisk maka semakin tinggi transfer datanya.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :