Ade Ayuningtiyas

Berpacu Menjadi Yang Terbaik

Menilik Beberapa Hal Unik Seputar Hari Belanja Online Nasional

diposting oleh ade-ayuningtiyas-fkh15 pada 01 December 2017
di Info - 0 komentar

Berbelanja menjadi salah satu kegiatan yang paling menyenangkan apalagi saat dalam kondisi stress. Adanya e-commerce yang kian berkembang membuat belanja online sama diminatinya oleh konsumen jika dibandingkan dengan belanja secara offline di toko yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Salah satu momen yang paling ditunggu oleh konsumen yang gemar berbelanja online adalah saat hari belanja online nasional atau yang lebih dikenal dengan nama Harbolnas. Dalam penyelenggaraan promo diskon harbolnas 2017 yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2012 ini, terdapat beberapa hal unik yang harus Anda ketahui.



Pertama adalah popular di tahun 2016. Walaupun harbolnas mulai diselenggarakan di tahun 2012 namun event yang hanya diselenggarakan 1 tahun sekali dan itu dilaksanakan pada bulan Desember setiap tahunnya ini mulai popular di kalangan masyarakat pada tahun 2016. Di tahun 2016. Ada 80% masyarakat yang sudah mulai mengetahui harbolnas bahkan seminggu sebelumnya. Sebanyak 24% masyarakat mengetahui adanya harbolnas lewat website penyedia jasa online, sebanyak 23% dari media sosial, 9% lewat iklan yang ditayangkan di televisi, 3% dari portal berita. Banyaknya masyarakat yang tahu harbolnas tersebut disebutkan meningkat sebanyak 15% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Kedua adalah diskon merupakan hal yang paling diincar selama harbolnas. Saat penyelenggaraan hari belanja online nasional akan banyak promo yang diberikan oleh toko online yang ada di Indonesia dan salah satunya adalah diskon belanja. Promo potongan harga tersebut adalah promo yang paling banyak dan menarik untuk ditunggu oleh masyarakat. Selain potongan harga yang diberikan oleh online shop terpercaya yang berpartisipasi dalam harbolnas, konsumen juga mengincar adanya promo biaya bebas ongkir, voucher serta cashback yang diberikan.

Ketiga adalah aktivitas kegiatan saat belanja online. Dari survey yang pernah dilakukan menyebutkan jika di tahun 2016, online shopping yang dilakukan oleh para konsumen adalah pada pukul 09.00-15.00 dan pukul 18.00-21.00. Menurut hasil survey menyebutkan jika sebanyak 48% konsumen yang berbelanja online melakukan pemesanan saat di kantor apalagi kala itu harbolnas memang diselenggarakan pada hari kerja.

Keempat adalah perancangan barang apa yang akan dibeli. Menurut hasil survey menyebutkan jika konsumen sudah tahu akan membeli barang apa sebelum melakukan belanja ketika Harbolnas. Sebanyak 87% konsumen sudah merencanakan pembelanjaan saat black Friday tersebut. Kelima adalah pengeluaran rata-rata yang dikeluarkan oleh konsumen adalah sebesar Rp 400.00-500.000 untuk harbolnas yang diselenggarakan tahun 2016.

Hal unik lainnya seputar hari belanja online nasional yang diadakan oleh online shop terpercaya yang harus Anda ketahui yaitu:



  • Sebanyak 61% pengguna internet melakukan pembelian atau transaksi saat harbolnas yang diselenggarakan tahun 2016 dan jumlah ini meningkat sebanyak 11% dibandingkan saat harbolnas 2015.
  • Penjualan yang terjadi saat harbolnas meningkat sebesar 3,9% dibandingkan dengan hari biasa dan jenis barang yang paling banyak dicari adalah barang fashion, gadget serta travel.
  • Adanya peningkatan aspek sosial ekonomi yang terjadi pada masyarakat kalangan C dan D.
  • Penggunaan internet dan smartphone menjadi meningkat saat harbolnas sedang berlangsung.
  • Untuk cara pembayaran, cara yang paling banyak digunakan oleh konsumen adalah dengan melalui tabungan yaitu sebanyak 29% dan penggunaan kartu kredit hanya sebesar 1%.
  • Jumlah transaksi yang terjadi pada tahun 2016 adalah sebesar Rp 3,3 triliun selama 3 hari dan diperkirakan transaksi untuk harbolnas tahun 2017 mencapai lebih dari Rp 1,1 triliun dalam 1 hari.
  • 4 kekhawatiran terbesar konsumen saat transaksi harbolnas adalah diskon palsu, kualitas produk, pembayaran dan pengiriman.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :